Program Kerja


Dalam mewujudkan tercapainya tujuan utama Career Center STISIP Mbojo Bima (Visi-Misi). Maka akan dilakukan enam program, yang meliputi :

  • Soft-Skill Empowerment, Career & Enterprenour Programe. Melibatkan alumni dan inside job/praktisi dunia kerja bidang recruitmen dan owner Bisnis. Untuk memberikan kuliah tamu, seminar, training/workshop. Dengan tujuan :
  • Membuka mindset dan paradigm mahasiswa tingkat awal, sehingga sejak dini sudah mulai punya arah dalam menjalani aktivitas kemahasiswaannya yang berorientasi kesiapan menjadi individu yang handal dalam dunia kerja dan entrepreneour.
  • Mengembangkan soft-skill mahasiswa tingkat akhir dan lulusan, sehingga memiliki kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja dan bisnis. Termasuk kemampuan bahasa asing, penguasaan ITC dll
  • Memberikan workshop career yang berguna untuk memberikan tips menyeluruh tentang seluk beluk melalui berbagai persyaratan dunia kerja
  • Mewujudkan kepuasan pengguna alumni, karena memiliki kinerja optimal, yang akhirnya bisa menimbulkan efek domino bagi diterimanya adik-adik angkatannya.
  • Memotivasi dan memberikan skill entrepreneur pada mahasiswa dan alumni.
  • Informasi Bursa Kerja (Online dan Offline). Perusahaan/instansi/industri yang sedang mencari tenaga kerja dapat menghubungi CC-STISIP Mbojo Bima, untuk memperoleh calon tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan. CC- STISIP Mbojo Bima diharapkan juga mampu menyediakan fasilitas rekrutmen seperti penyebaran informasi lowongan kerja, tes psikologi, tes kesehatan, fasilitas ruang tes dan wawancara, sortir lamaran, dan bursa kerja on line via Website yang mempertemukan/ memfasilitasi antara pencari kerja dan pemberi kerja/pengguna tenaga kerja (pengusaha). Bursa kerja online dilakukan oleh CC-UI bekerja sama JobStreet.Com Indonesia.
  • STISIP MB Career & Scholarship Expo. Kegiatan untuk menjembatani pertemuan antara lulusan dengan perusahaan/instansi/industri dalam sebuah pameran/bursa tenaga kerja dan beasiswa. Diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan satu tahun sekali, terutama setelah dies natalis dan wisuda. Dilaskaanakan selama tiga hari, dengan menghadirkan sebanyak mungkin instansi/perusahaan pencri kerja. Dan menjadi anomi besar bagi alumni STISIP Mbojo Bima khususnya dan alumni Perti Se-indonesia Timur umumnya. Belajar dari success story kampus besar sperti ITB, UGM, UI dll, mereka mampu menghadirkan lebih dari 50 perusahaan local, nasional dan internasional. Dan menyedot lebih dari 20 ribu alumni dari berbagai wilayah untuk datang bersaing di ajang Jobfair nya.
  • Konseling Karir. Memberikan bimbingan kepada mahasiswa dan alumni untuk dapat menemukan passion yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Sehingga bisa lebih dini mempersiapkan diri, dan dapat bekerja sesuai dengan hatinya.
  • Magang Kerja. Program ini bertujuan untuk mencari lokasi magang kerja/ kuliah kerja praktek pada mahasiswa STISIP Mbojo Bima, untuk mendapat gambaran tentang dunia kerja dan industri. Sehingga, ketika lulus jauh lebih siap untuk terjun langsung di Bursa kerja dan bisnis.
  • Tracer Study. Adalah Sensus/studi pelacakan jejak lulusan/alumni 1-3 tahun pasca wisuda. Tujuannya untuk mengetahui outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja. Keluaran pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi, proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi, input pendidikan berupa penggalian lebih lanjut terhadap informasi sosiobiografis lulusan. Daiharapkan program ini dapat dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Untuk dapat menentukan arah pendidikan STISIP Mbojo Bima selanjutnya.